![]() |
CARA MENGEMUDI MOBIL MANUAL DENGAN AMAN |
Anda ingin belajar mengemudi ? berikut ini penjelasan ihwal Cara Mengemudi Mobil Manual dengan Aman. Namun sebelumnya Anda mesti mengenali atau memeriksa bahwa rem, Kopling, (untuk kendaraan beroda empat manual), atau pun Area yang anda mau pakai kalau semua telah menyanggupi syarat atau persyaratan keselamatan maka mulailah dengan sekarang.
Untuk mengetahui ini Cara Mengemudi Mobil Manual dengan Aman sebaiknya Anda ketahui apalagi dahulu bagian kendaraan yang berhubungan dengan langsung dengan praktek mengemudi, ialah:
1.Kenali posisi tongkat Prosneleng beserta urutan giginya ( 1 2 3 4 5 R untuk mundur)
2.Kenali putaran Stir full kekanan dan kekiri
3.Kenali posisi pedal Kopling tekan atau injak dan lepaskan secara perlahan
4.Kenali posisi pedal Gas seberapa imbas powernya
5.Kenali posisi pedal Rem seberapa tekanannya!
Berikut ini Cara Mengemudi Mobil Manual dengan Aman. Perhatikan tindakan berikut ini biar Anda dapat mengemudi kendaraan beroda empat manual dengan cepat dan kondusif. Selain dapat mengemudi dengan aman mengikuti langkah-langkah di bawah ini juga mampu menghindari kerusakan pada kendaraan Anda.
1.Sebelum menyalakan mesin kendaraan beroda empat alangkah baikanya anda mengoreksi keadaan tongkat prosnileng ( stik prosnileng ). posisikan pada posisi netral/ nol. Posisi tersebut ada di tengah-tengah, antar gigi 3 dan 4 untuk mengetahui lebih jelas di goyang ke kanan dan k ekiri serta ke depan dan ke belakang. Bila sudah anda mendapatkan posisi netral atau posisi nol, anda sudah mencapai posisi aman dalam tahap permulaan
2.Untuk tahap selanjutnya periksa kembali HANDREM atau rem tangan yang berposisi di sebelah kiri tempat duduk sopir atau di tengah antar posisi kursi sopir dan penumpang yang di sebelah kiri,tetapi kalau type mobil anda yang tahun agak renta maka posisi rem tangan tersebut berada di sebelah depan di bawah kemudi sebelah kiri SETIR kendaraan beroda empat anda tentukan terlepas dari fungsinya turunkan tuasnya.
3.Bila posisi di atas sudah anda kuasai maka mulailah dengan posisi duduk di belakang kemuadi dengan nyaman, senyaman mungkin, alasannya adalah posisi tempat duduk kita akan besar lengan berkuasa untuk kenyaman mengemudi kita baik pada ketika mencar ilmu ataupun bagi anda yang sudah mampu dalam mengemudi bersadarlah ke belakang secara normal jangan berlebihan dan jangan mengembangkan tubuh terlalu kedepan dengan tujuan ingin menyaksikan secara sepenuhnya untuk jangkauan persepsi kedepan mobil, kerjakan dengan sebaiknya saja jangan paksakan pandangan kita, majukan dahulu kalau jangkauan kaki kiri anda belum mampu menggapai pedal kompling secara pas dan benar/secara full. Atau mundurkan jika kaki kiri atau lutut kiri anda terlalu menekuk dan begitu pula dengan pegangan tangan kita di posisi stir. Karena akan kuat sekali pada dikala anda melaksanakan putaran setir, tangan akan terbentur ke posisi badan dan jok kendaraan beroda empat kita sendiri , kesannya kita tidak mampu melaksanakan pemutaran setir dengan maksimal cepat dan sempurna pada saat kita memasuki tikungan atau menghidardari rintangan
4. Pastikan pegangan tangan kita di posisi setir ada pada posisi titik nol untuk mengenali posisi titik nol tersebut adalah kita bisa liat dari posisi roda depan kendaraan beroda empat kita dalam posisi lurus dan pasti posisi setir kita akan berada di posisi titik nol pula, cara yang ke dua putarlah posisi stir tersebut full kekanan atau kekiri hingga mentok tak tersisa lalu kembalikan kearah berlawannya dengan dua kali putaran stir dan tentukan stir tesebuat ada pada posisi T.
5. Kalau telah siap semuanya aba-aba di atas maka mulailah anda menghidupkan posisi mesin kendaraan putar tuas kontak / kunci mobil kita ke arah kanan satu tahap dahulu maka lazimnya akan terlapas dahulu dari posisi kunci setir, putar lagi maka anda melihat di speedo miter kendaraan beroda empat anda beberapa lampu tanda yang akan menyala denga warna merah atau orange tetapi di posisi tersebut kondisi mesin kendaraan beroda empat belum bisa hidup, kemudian putar lagi keposisi kanan , maka secara sepontan anda akan merasaka perbedaan getaran mobil anda dan akan mendengar bunyi mesin mobil anda . AWAS kami harap anda janga dahulu eksklusif menghidupkan Audio kendaraan beroda empat anda,karena kita butuh kosentrasi yang tinggi dalam tahap kita berguru mengemudi.
6. Langkah selanjutnya. Posisikan kaki kiri anda di posisi pedal kopling yaitu posisi pedal di sebelah kiri sendiri sebab di bawah ada 3 pedal . Posisi kaki kiri cuma bertugas di posisi pedal kopling saja tidak mampu berpindah ke posisi pedal lainnya baik Rem maupun pedal gas hanya satu tugas kopling dan kaki kanan mulailah mencoba untuk menenkan pedal GAS dengan lembut, bedakan dan rasakan dengungan suara mesin dan getaranya dan anda mesti tahu itu . Bila berada di posisi aman dan anda sudah bisa merasakan semua kaki kanan mesti menjajal untuk menekan posisi pedal Rem agar kendaraan beroda empat anda tidak bergeser dari posisi parkirnya di sebabkan kondisi jalan yang tidak datar / tidak rata
7. Terus tekan pedal Kopling dengan full dan tekan pedal Rem seperlunya . Lalu masukan Posisi prosneleng keposisi kiri, atau anda tahan tongkat prosneleng tersebut ke posisi kiri lalu dorong ke arah depan jikalau anda menginnginkan untuk melaju kedepan, namun jikalau anda mengharapkan untuk melaksanakan mudur maka tahan posisi tongkat prosneleng ka arah kanan hingga mentok lalu anda tarik ke belakang maka anda akan mendengar bunyi yang agak khas dari posisi prosneleng atret ( krek)
8.Posisikan kedua tumit anda yang menginjak Kopling maupun Rem untuk tetap menyentuh lantai body Mobil sebab itu akan sungguh membatu sekali . Lalu angkat ujung kakaki kiri anda secaha perlahan sekali rasakan kembali getaran kendaraan beroda empat tersebut kemudian kalau anda sudah mampu merasakan perbedaanya dari getaran mobil tersebut yang di sebabkan adanya hasil pengan katan dari kaki kiri maka mulailah anda mengangkat bertahap kakik kanan anda dari pedal Rem denga catatan semua tumit kaki harus tetap berada di posisi lantai kendaraan beroda empat
9.Bila kendaraan beroda empat anda telah molai bergerak jangan buru-buru untuk melakukan pelepasan akan seluruhnya baik pedal Kopling tahan dahulu di posisi setengah Kopling dan kaki kanan tetap dahulu stanby di posisi Rem, sampai anda mampu merasa rileks dan sedikit hening serta bisa sedikit menikmati laju dari kendaraan beroda empat tersebut.
10.Bila anda telah mersakan sedikit ketenanngan dan bisa mengemudikan mobil itu dengan rileks meskipun tanpa adanya GAS pada dikala itu lajukan kendaraan beroda empat tersebut dengan pelan dan sedikit demi sedikit lepaskan pijakan kaki kiri anda yang berada piosisi kopling angakat habis atau lepas habis namun denga catatan posisi kaki kiri tatap redy di posisi pedal kopling dengan kondisi tumit sebagai tumpuan tanpa adanya tekanan sedikitpun pada posisi pedal kopling tersebut dan kaki kanan mulailah untuk berpindah pada posisi pedal gas …AWAS pijakan kaki kanan di posisi Gas tidak boleh bertenaga atau anda harus menekan , kerjakan penyentuhan dengan lembut topangkan kaki kanan tersebut di atas pedal gas tanpa adanya tenaga untuk menekanya, maka alhasil aku tentukan hasil dari setuhan kaki kanan tersebut akan mengakibatkan dengungan mesin yang halus, sentuh bertahap. Tergantung anda menghendaki seberapa laju mobil yang anda kemudikan.,tetapi pastinya cukup pelan saja
11.Bila anda mau memasuki rute MENIKUNG langkah kondusif lakukan pemutran stir dengan damai dan jangan lupa tekan kopling di posisi setengah kopling demi manjaga keseimbangan dan kaki kanan posisikanstandby di posisi REM semua itu untuk mempertahankan supaya anda tidak gugup kalau memperoleh sesuatu yang dapat menciptakan anda terkejut saat anda menerima rintangan setelah masuk ke posisi tikungan. Dengan demikian anda kan dengan sigap dan refleks akan menginjak dua pedal yang sudah anda jaga, KOPLING DAN REM tetapi jika itu tidak anda lakukan besar kemungkinan anda kan menekan GAS bila anda kaget di posisi tikungan tersebut dan yang niscaya akan fatal. trik yang demikian yang sering di lupakan sehingga terkadang menimbulakan kecelakaan di posisi menikung.
Demikian berita Cara Mengemudi Mobil Manual dengan Aman. Semoga berguna, selamat berkendaraan semoga aman dan selamat………….
Sumber https://carahiba.blogspot.com
EmoticonEmoticon