Rabu, 05 Agustus 2020

Pemahaman Pneumatic, Laba Dan Kerugian Pneumatic

- Pneumatic ialah suatu tata cara pencetus yang memakai tekanan udara selaku tenaga penggeraknya. Dalam metode pneumatic (baca: pneumatik), udara bertekanan dipakai sebagai media pengendali komponen komponen pneumatic, mirip valve, cylinder, dll. Dalam dunia industry modern metode pneumatic merupakan syarat wajib yang ada dalam proses produksi, apapun itu cabang industrinya. Karna tata cara pneumatic mempunyai beberapa keutungan dan kelebihan yang menjadi materi pertimbangan. Keutungan Sistem Pneumatic Jumlah Sumber Daya Memiliki sumber daya tidak terbatas, karna udara terdapat dimana mana, dan dapat dikompres dalam jumlah tak terbatas pula. Pengangkutan Praktis Udara dengan mudahnya dapat dialiri di dalam kanal akses pipa, materi dalam jumlah yang besar. Dan tidak dibutuhkan saluran balik ke kompresor.  Penyimpanan Kompresor tidak mesti beroperasi terus menerus. Udara bertekanan (kompres) mampu disimpan dan dibuang dari tangka penampungan. Temperatur Udara bertekanan tidak sensitive terhadap pergantian suhu, sehingga dapat ditentukan beroperasi disuhu yang ekstrim sekalipun. Ledakan Penggunaan udara tidak mempunyai resiko terhadap ledakan atau api, karna itulah ongkos perlindungan ledakan tidak terlampau mahal. Kebersihan udara Udara bertekanan dinyatakan bersih bila tidak ada kebocoran pipa atau unsur/komponennya tidak menyebkan kontaminasi. Bahkan kebersihan sangat diperlukan seperti dalam idustri masakan, kayu tekstil, kulit, dll. Konstruksi Konstruksi komponen kerja sederhana dan harganya tidak mahal untuk industry. Kecepatan Udara bertekanan merupakan media yang sangat cepat. Memungkinkan perkerjaan berkecepatan tinggi. (Kecepatan kerja silinder pneumatic sekitar 1 hingga 2 m/s). Pengaman Overload Peralatan pneumatic dan unsur kerjanya mampu dibebani hingga dia tidka bergerak lagi. Kekurangan sistem Pneumatic Persiapan Harus Bagus Udara bertekanan membutuhkan persiapan yang elok, tidak kotor dan lembab.  Kompresibel Sangat tidak memungkinkan untuk menerima keseimbangan dan laju piston yang konstan menggunakan udara bertekanan.  Keperluan Tekanan Udara bertekanan bersifat hemat hingga tekanan tertentu. Dibawan tekanan kerja normal sekitar 700 Kpa (7Bar) dan selau tergantung pada jarak dan kecepatan (sekitar 20 KN hingga 30 KN).  Suara Udara Bunyi pembuangan cepat sangatlah keras, yang menjadi urusan kini, bagaimanapun, sebagian besar bunyinya dipecahkan oleh pengembagan material serapan bunyi tetap masih terdengar. Itulah beberapa dasar ilmu pneumatic, Pengertian Pneumatic, Keuntungan dan Kerugian penggunaan Pneumatic.
Sumber http://jufrikablog.blogspot.com


EmoticonEmoticon