Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online |
Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online Via Kai Access. PT Kereta Api (KAI) Indonesia sudah mempunyai layanan online via aplikasi telepon akil (smartphone), ialah KAI Access. KAI Access adalah satu-satunya aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh PT KAI Indonesia (Persero).
KAI Access diluncurkan untuk membuat lebih mudah masyarakat menggunakan jasa transportasi massal tersebut di tengah masa digital mirip kini ini. Ibarat seseorang yang tengah berbenah diri menjadi lebih baik, itulah yang sekarang sedang dilakukan oleh PT KAI.
Bagaimana Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online Via Kai Access. Sebelumnya, kita harus datang ke stasiun cuma untuk membeli atau memesan tiket untuk perjalanan yang direncanakan. Kini hal itu mampu tergantikan dengan menggunakan KAI Access. Sekarang kita bisa Pesan Tiket Kereta Api Secara Online Via Kai Access.
Banyak layanan yang mampu kita pilih saat memakai KAI Access, yaitu memesan/berbelanja tiket, baik untuk kereta api jarak jauh setempat, maupun kereta bandara, membatalkan tiket (cancel), mengganti jadwal perjalanan (reschedule), bahkan kita pun bisa memesan kuliner dalam kereta via aplikasi ini.
Selain ragam layanan yang ada, pilihan untuk proses pembayaran pun makin gampang, mulai dari lewat ATM, mobile atau internet banking, gerai retail, dan kartu kredit.
Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online Via Kai Access |
Berikut ini yaitu panduan Pesan Tiket Kereta Api Secara Online Via Kai Access:
1. Cara registrasi atau buat akun KAI Access
· Download (unduh) aplikasi KAI Access via Play Store pada HP Anda
· Setelah proses download tamat, buka aplikasi. Saat muncul tampilan halaman depan, klik More, kemudian klik Account.
· Selanjutnya, pada halaman login, klik opsi Register, lalu masukkan nomor HP, password (variasi huruf dan angka), serta lengkapi biodata Anda.
· Lakukan verifikasi akun Anda dengan memasukkan kode aktivasi yang diantarkan lewat nomor HP yang dicantumkan.
· Proses instalasi simpulan. Sekarang Anda mampu memakai beberapa layanan online dalam KAI Access.
2. Mengenal menu atau fitur dalam KAI Access
· Intercity Train. Ini ialah layanan untuk memakai jasa kereta api antarkota (jarak jauh), contohnya dari Bandung ke Yogyakarta, Jakarta ke Solo, dan sebagainya.
· Local Train. Ini ialah layanan untuk memakai jasa kereta api untuk jarak lokal
· Airport Train. Ini ialah layanan untuk memakai jasa kereta api menuju Bandara Soekarno-Hatta.
· Food on Train. Ini merupakan layanan untuk memesan masakan atau minuman dalam kereta yang mau kita gunakan.
· My Trips. Ini merupakan data riwayat perjalanan dan tiket yang sudah kita pesan. Akan ada informasi "belum dibayar" untuk tiket yang belum dibayar, "lunas", dan "akhir" untuk perjalanan yang telah simpulan.
· Deals. Ini merupakan berita berbagai deals/diskon hasil kerja sama PT KAI dengan pihak ketiga.
· More. Ini merupakan kumpulan berbagai hidangan yang lain, mirip Account, Check Book/PayCode, Location, Remind Me, E-Magazine, fitur Chat with Loko, Help, About, dan halaman kontak.
· Home. Ini ialah cara untuk kembali ke permulaan (halaman depan).
3. Cara membeli atau memesan tiket via KAI Access
· Klik sajian Intercity Train (kereta luar kota) atau Local Train (kereta lokal) sesuai tujuan yang dimaksud.
· Silakan isi bab stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, kelas kereta, dan jumlah tiket yang dipesan (remaja atau bayi), kemudian klik cari tiket.
· Setelah itu, akan ada opsi acara kereta yang sudah cukup detail, lengkap dengan jam keberangkatan, waktu tiba, kelas, sub-kelas, harga tiket, dan jumlah tiket yang masih tersedia. Silakan pilih mana jadwal yang diharapkan.
· Selanjutnya, akan muncul Konfirmasi Pemesanan atau rincian berita agenda kereta yang dipilih. Cek ulang lagi agenda yang sudah sesuai dengan pilihan, lalu centang selaku tanda baiklah mematuhi segala kriteria dan ketentuan reservasi. Lalu, tekan lanjut.
· Isi data penumpang sesuai dengan identitas yang berlaku dan jangan lupa identitas itu dibawa untuk ditunjukkan ke petugas ketika hari H pemberangkatan.
· Pilih dingklik. Pada bagian ini, kita mampu mengubah dingklik yang diseleksi metode sesuai dengan pilihan kalau persediaan masih ada.
· Warna merah menunjukan dingklik sudah terisi, sedangkan warna biru ialah bangku Anda saat ini. Untuk mengganti, klik dulu warna biru di dingklik Anda sampai bermetamorfosis warna putih tanda bangku kosong, kemudian klik kursi yang dikehendaki, kemudian simpan dan lanjut.
· Selanjutnya, pilih metode pembayaran mampu melalui ATM, mobile atau internet banking, gerai retail, dan kartu kredit.
· Setelah menentukan metode pembayaran, berikutnya akan muncul bahwa reservasi telah berhasil dan Anda akan menerima arahan pembayaran. Kode pembayaran inilah yang mau Anda gunakan saat melaksanakan lewat tata cara yang Anda pilih.
· Jika bookingan tiket kereta sudah dibayar, Anda akan mendapat kode booking. Anda bisa eksklusif menukarkan instruksi booking ini dengan tiket fisik lewat mesin cetak tiket mandiri yang berada di stasiun-stasiun besar, seperti Stasiun Gambir atau Stasiun Bandung dan di tempat yang lain hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Tiket inilah yang nantinya akan Anda gunakan saat akan memasuki kereta dengan menunjukkan kartu identitas/KTP.
4. Cara membatalkan tiket kereta yang sudah dipesan lewat KAI Acces
Tiket yang mampu dibatalkan yakni tiket dengan status lunas atau paid (sudah dibayar).
· Pada menu My Trips, pilih instruksi booking atau isyarat reservasi yang akan dibatalkan.
· Pada menu E-Ticket, klik tombol peniadaan. Pembatalan maksimal 24 jam atau H-1 sebelum waktu keberangkatan kereta.
· Pilih nama penumpang yang tiketnya akan dibatalkan, kemudian centang kolom syarat dan ketentuan, kemudian klik teruskan proses pembatalan.
· Masukkan akun bank dengan benar untuk pengembalian ongkos, kemudian klik lanjutkan proses pembatalan.
· Pastikan nomor rekening dan nama pemohon pembatalan sama dengan nama yang terdaftar pada buku rekening bank pemohon.
· Lakukan konfirmasi penghapusan. Pada bagian ini, akan muncul halaman konfirmasi selaku review penghapusan tiket. Jika data sudah benar, klik tombol konfirmasi dan lanjutkan.
· Pastikan Anda yakin akan melakukan abolisi tiket dengan mengklik opsi "Ya, aku percaya". Jika telah yakin, akan ada tulisan "Selamat, peniadaan tiket sukses."
· Untuk pembatalan tiket, Anda akan dikenankan ongkos administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket awal. Pengembalian ongkos akan dilakukan dengan bagan tranfer dengan jangka waktu 30 hari setelah peniadaan tiket.
5. Cara mengubah acara kereta api (reschedule) via KAI Access
· Masuk ke sajian "My Trips". Pilih kode booking atau arahan pemesanan yang hendak diubah jadwalnya.
· Setelah itu, pada sajian "E-Ticket", tekan tombol "Ubah Jadwal". Ini cuma akan ada bila isyarat reservasi berstatus lunas.
· Pilih nama penumpang yang akan tiketnya akan dilakukan pergeseran jadwal. Kemudian, centang kolom syarat dan ketentuan, kemudian lanjutkan ke proses pengubahan acara kereta.
· Di bab sajian "Pesan Tiket", Anda mampu mencari tiket kereta yang cocok dengan agenda baru. Isi asal stasiun, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan kelas kereta yang dikehendaki, lalu tekan "Cari Tiket". Lalu, akan muncul acara kereta.
· Akan ada konfirmasi pemesanan selaku review reservasi tiket yang baru, lalu centang kolom syarat dan ketentuan, kemudian klik tombol lanjut.
· Selanjutnya, konfirmasi pembayaran akan muncul selaku review biaya yang mesti Anda bayar, lalu tekan tombol pembayaran dan pilih sistem pembayaran. Setelah itu, teruskan proses dengan mengklik tombol bayar.
· Berikutnya, akan muncul tanda sukses reservasi yang baru. Data perjalanan Anda yang baru bisa dilihat menu "My Trips". Anda mempunyai deadline pembayaran satu jam sehabis reservasi tiket dilakukan.
Namun ada hal yang perlu Anda pahami, bahwa pergeseran jadwal tiket dikenakan biaya manajemen sebesar 25 persen dari harga tiket yang diubah. Bila harga tiket agenda KA yang baru lebih tinggi, Anda harus membayar selisih tarif. Sebaliknya, kalau acara gres harga tiketnya lebih hemat biaya, tidak akan ada pengembalian biaya atas beda tarif itu.
EmoticonEmoticon