Cara Praktis Membuat Search Box Antar Sheet di Spreadsheet / Excel buayaberdiri.blogspot.com - Hari ini saya akan memperlihatkan bimbingan ihwal Langkah-langkah bagaimana cara menciptakan kotak Search di lembar kerja libre office spreadsheet.Cara ini akan sama bila kamu ingin menggunakan di lembar kerja Microsoft Excel. Membuat kotak penelusuran ini mungkin mampu kau butuhkan kalau kamu memiliki berbagai tabel data dan tabel tersebut terletak di sheet yang berlawanan dalam 1 file.Untuk contoh artikel ini aku akan membuat kotak atau kolom Search pada sheet pertama dan didalam sheet pertama saya akan menciptakan kotak Search dan Hasil dari Pencarian,hasil dari pencarian juga saya buat dalam bentuk tabel. Pada sheet kedua akan memiliki tabel data yang menjadi database yang berisi gosip data yang diharapkan.Pada sheet kedua kamu bisa dengan bebas membuat tabel data yang sungguh banyak dan hingga sarat menyanggupi seluruh kolom dan baris sheet kedua. Makara seolah-olah kita mencari data tertentu dari sheet pertama dan tabel data yang sebagai databasenya berada disheet kedua.Sehingga kamu mampu melakukan penelusuran berita data meskipun berlainan sheet dalam 1 file excel / spreadsheet. Untuk artikel ini kita akan memakai 2 sheet saja dalam 1 file,jikalau kamu sudah memahami bimbingan postingan ini,maka kamu mampu menggunakan lebih dari 2 sheet mirip 3,4,5,6,7, sampai 10 sheet. Tutorial Membuat Fitur Searching Antar Sheet di Excel 1. - Buatkan Kotak Pencarian apalagi dahulu di sheet pertama (Nama Sheet pertama yang aku gunakan yakni Sheet 1 - Pada pola dibawah ini kotak Searching yang aku buat berwarna kuning di kolom E4 - Kemudian buat tabel hasil pencarian ,pada contoh dibawah ini aku membuat tabel Nama,Tanggal Lahir,Kota Kelahiran,Lulusan,Golongan Darah,Kode Login.Pada tabel tersebut kita akan memperlihatkan data yang sedang kita cari. Lihat gambar dibawah ini : 2. - Kemudian tambah sheet untuk sheet kedua ,nama sheet kedua yang saya gunakan yaitu Sheet2 . - Pada Sheet2 kau bisa menambahkan tabel data selaku database Berikut ini ialah penampilan tabel data selaku database untuk kumpulan data tabel pada kolom dan baris Excel atau Spreadsheet : 3.Kembali ke sheet pertama ( Sheet1 ),lalu pada kotak Nama ( B10 ) beri Rumus Formula Excel seperti ini : =VLOOKUP(E4,$Sheet2.B4:G24,1,0) Keterangan Rumus Excel diatas : =Vlookup : Rumus yang digunakan untuk menyaksikan / mencari tabel E4 : Kolom Pencarian yang sudah kita buat $Sheet2 : Letak posisi tabel yang sedang kita cari berada di sheet kedua ( Sheet2 ) B4:G24 : Kriteria Tabel Data yang akan di cari 1,0 : Urutan Tabel yang akan ditampilkan berada diurutan pertama ( Tabel Nama berada diurutan pertama ) Lihat gambar dibawah ini : Sesudah membuat rumus excel di Tabel Nama,maka kau mampu tekan tombol keyboard Enter,maka tampilannya akan ada goresan pena #N/A Lihat gambar dibawah ini : 4.Kemudian kita teruskan di Tabel Tanggal Lahir Gunakan Rumus Excel VLOOKUP dibawah ini : =VLOOKUP(E4,$Sheet2.B4:G24,2,0) Keterangan Rumus Excel diatas : =Vlookup : Rumus yang digunakan untuk melihat / mencari tabel E4 : Kolom Pencarian yang sudah kita buat $Sheet2 : Letak posisi tabel yang sedang kita cari berada di sheet kedua ( Sheet2 ) B4:G24 : Kriteria Tabel Data yang akan di cari 2,0 : Urutan Tabel yang akan ditampilkan berada diurutan kedua ( Tabel Tanggal Lahir berada diurutan kedua ) Lihat gambar dibawah ini : Sesudah membuat rumus excel di Tabel Tanggal Lahir,maka kau bisa tekan tombol keyboard Enter,maka tampilannya akan ada goresan pena #N/A Lihat gambar dibawah ini : 5.Untuk Kota Kelahiran Gunakan Rumus seperti ini : =VLOOKUP(E4,$Sheet2.B4:G24,3,0) 6.Untuk Lulusan Gunakan Rumus mirip ini : =VLOOKUP(E4,$Sheet2.B4:G24,4,0) 7.Untuk Golongan Darah Gunakan Rumus mirip ini : =VLOOKUP(E4,$Sheet2.B4:G24,5,0) 8.Untuk Kode Login Gunakan Rumus mirip ini : =VLOOKUP(E4,$Sheet2.B4:G24,6,0) Jika sudah semua maka tampilannya akan seperti dibawah ini : Kemudian kau bisa melaksanakan searching atau penelusuran pada Kotak Pencarian yang berada di kolom E4 (baris atau kolom warna kuning,disamping goresan pena Pencarian ). Cara mencarinya ialah dengan cara mencari Nama yang terdapat di database sheet kedua (Sheet2),sebagai acuan aku akan mencari nama "Yoyo" kemudian tekan tombol Enter pada keyboard ,maka karenanya akan seperti ini : Penutup Demikian berita tentang Cara Membuat Kolom Pencarian Antar Sheet atau Berbeda Sheet di Excel / Spreadsheet dengan cara membuat kotak pencarian dan kotak hasil penelusuran dalam bentuk tabel.Pada artikel ini aku menggunakan di Libre Office Spreadsheet. Akan tetapi cara ini bisa kamu pakai untuk pengguna Microsoft Excel dan Open Office Spreadsheet,biar gosip ini mampu membantu kau,Gbu :) Baca juga artikel tentang : Cara Mengecilkan Ukuran Foto dan Gambar di Libre Office Baca juga postingan ihwal : Cara Membuat Grafik Chart di Libre Office Impress Presentation Baca juga artikel wacana : Cara Praktis Copy Slide Di Libre Office Impress Presentation Baca juga postingan tentang : Cara Insert atau Membuat Tabel di Libre Office Impress Presentation Sumber http://buayaberdiri.blogspot.com
Selasa, 09 Juni 2020
Cara Menciptakan Kotak Pencarian Antar Sheet Di Excel / Spreadsheet
Diterbitkan Juni 09, 2020
Artikel Terkait
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon