Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MI Tahun 2020 dan Pembahasan. Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah satuan pendidikan formal yang mengadakan pendidikan biasa dengan kekhasan agama Islam yang berisikan 6 (enam) tingkat pada jenjang pendidikan dasar. Madrasah Ibtidaiyah (MI) ini setara dengan SD (Sekolah Dasar) yang wajib ditempuh oleh seluruh bawah umur Indonesia.34 MI ialah jenjang lanjutan sesudah RA.
Pada jenjang madrasah ibtida’iyah ini siswa menerima pelajaran mirip halnya sekolah biasa dengan suplemen pelajaran agama mirip FIQIH, Aqidah Akhlaq, alQur’an Hadits dan juga Bahasa Arab. Untuk pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam gres diberikan mulai kelas 3. Beberapa MI juga mengharuskan adanya tadarus alQur’an bagi siswanya dengan tutorial dari guru al qur’an. Juga doa bareng maupun pembacaan asma’ul husna sebelum pelajaran dimulai ataupun hafalan surat-surat pendek sesuai dengan jenjang siswa.
Jadi Madrasah Ibtidaiyah yakni jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah dasar yang pengelolaannya dijalankan oleh kementrian agama. Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di tempuh dalam waktu 6 Tahun, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Lulusan Madrasah Ibtidaiyah mampu melanjutkan pendidikan ke Madrasah Tsanawiyah atau SMP. Kurikulum madrasah Ibtidaiyah sama dengan kurikulum sekolah dasar, hanya saja pada MI terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan Agama Islam. Selain mengajarkan mata pelajaran sebagaimana sekolah dasar, juga ditambah dengan pelajaran-pelajaran seperti Al-Qu’an Hadits, Aqidah Akhlaq, fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab. Madrasah sebagai forum pendidikan merupakan wadah yang sungguh-sungguh memenuhi unsur-komponen institusi yang tidak terjadi pada lembaga-forum pendidikan lain. Tugas yang diemban oleh madrasah setidak-tidaknya mencerminkan sebagai lembaga pendidikan Islam yang lain.
Madrasah Ibtidaiyah sebagai suatu Lembaga Pendidikan Dasar Islam yang lebih terbaru, yang menggabungkan antara pendidikan pesantren dan sekolah., yang mana materinya mengintegrasikan agama dan pengetahuan lazim. Madrasah selaku lembaga pendidikan Islam berfungsi menghubungkan sistem usang dan tata cara baru dengan jalan menjaga nilai-nilai lama yang masih baik dan dapat dipertahankan dan mengambil sesuatu yang baru dalam ilmu, teknologi, dan ekonomi yang bermanfaat bagi kehidupan umat islam, sedangkan isi kurikulum madrasah pada umumnya sama dengan pendidikan di pesantren ditambah dengan ilmu-ilmu biasa .
Dengan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, maka semuanya akan menjadi kongkret dan sangat mungkin untuk dapat diwujudkan sehingga pendidikan menunjukkan sekian banyak pengaruh konkret terhadap perjalanan kehidupan manusia sehingga semua orang membutuhkan pendidikan. Namun ada anggapan mengenai banyak orang sukses tanpa berbekal latar belakang pendidikan tinggi. Apa itu benar? Ya memang hal tersebut benar. Akan namun seseorang dengan berbekal pada ilmu akan membuatnya menjadi lebih gampang memahami suasana alasannya adalah dengan ilmu seseorang lebih mengetahui bagaimana cara memburu impiannya dengan cara menerapkan ilmu-ilmu yang telah dimilikinya.
Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MI Tahun 2020 dan Pembahasan ini berkaitan dengan 4 kompetensi guru yang mesti dimiliki guru MI. Pertama terkait Kompetensi Pedagogik, yakni ialah kesanggupan pengertian kepada penerima asuh, penyusunan rencana dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil mencar ilmu, dan pengembangan peserta asuh untuk mengaktualisasikan banyak sekali potensi yang dimilikinya.
Adapun kompetensi pedagogik meliputi: Mengenal anak didiknya, menguasai teori-teori tentang pendidikan, bahan pelajaran, macam-macam teknik dan sistem pembelajaran, menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.
Kedua Kompetensi Kepribadian ialah kemampuan individu atau personal yang merefleksikan kepribadian yang stabil, bijaksana, dewasa, berwibawa, dan mampu menjadi teladan bagi akseptor didiknya serta memiliki adat yang mulia. Kompetensi kepribadian ini berkemampuan dalam mengaktualisasikan diri sebagai pendidik yang disiplin, jujur, berwawasan luas, bertanggung jawab dan mampu menjadi sumber wangsit posirif bagi para peserta didiknya.
Ketiga Kompetensi Sosial, Ialah kemampuan guru dalam melaksanakan komunikasi baik ekspresi, goresan pena maupun perbuatan kepada akseptor ajar, tenaga-tenaga kependidikan, wali murid, maupun penduduk sekitar dengan cara yang efektif, ramah atau santun dan sesuai dengan budbahasa dan norma yang berlaku. Selain itu, dalam kompetensi sosial ini, guru bisa berhubungan dan beradaptasi dengan keanekaragaman suku dan budaya di kawasan melaksanakannya peran.
Keempat Kompetensi Profesional, ialah kemampuan dalam penguasaan bahan pembalajaran secara mendalam dan luas. Tidak hanya penguasaan bahan pelajaran saja, namun juga penguasaan terhadap materi-bahan kurikulum yang berlaku, rancangan dan struktur keilmuan, masalah-masalah pendidikan dan wawasan yang memadai kepada bahan-bahan yang bersangkutan.
Namun Latihan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MI Tahun 2020 dan Pembahasan lebih konsentrasi terkait dengan kompetensi pedagogik dan Keempat Kompetensi Profesional sebab kisi-kisi Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MI Tahun 2020 hanya meliputi kedua aspek tersebut.
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MI (BK)
Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA (BK)
Demikian gosip ihwal Soal Latihan Asesmen Kompetensi Guru AKG Guru MA Tahun 2020 dan Pembahasan. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.
EmoticonEmoticon