Jumat, 20 Maret 2020

Rpp Kelas 5 Sd Mi Kurikulum 2013 Edisi 2020 2021

RPP Sekolah Dasar MI Kelas  5 Kurikulum 2013 edisi revisi 2020 - 2021

RPP Kelas 5 SD MI Kurikulum 2013 edisi 2020 - 2021Dalam Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Nomor 22  Tahun  2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP)  ialah  rencana  kegiatan  pembelajaran  tatap  tampang untuk satu konferensi atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta latih dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku bimbingan guru.

Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis  sebagai  langkah  awal  dari  proses  pembelajaran.  Hal  ini  dimaksudkan  agar pembelajaran  mampu  berlangsung  secara  interaktif,  inspiratif,  menggembirakan, menantang,  dan  efisien  dalam  rangka  mengembangkan  ketrampilan  berpikir  tingkat tinggi. RPP disusun berdasarkan serangkaian KD yang dijalankan dalam satu  kali konferensi  atau  lebih.  Penyusunan  RPP  ini  dijalankan  pada  setiap  awal  semester  atau permulaan tahun pelajaran, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilakukan.

Pengembangan RPP mampu dikerjakan secara mampu berdiri diatas kaki sendiri atau secara berkelompok melalui Musyawarah  Guru  Mata  Pelajaran  (MGMP)  di  sekolah/madrasah.Sebaiknya  hal ini dikoordinasi,  difasilitasi,  dan  disupervisi  oleh  kepala  sekolah/madrasah  atau  guru senior  yang  ditunjuk  oleh  kepala  sekolah/madrasah.Pengembangan  RPP  yang dikerjakan  oleh  guru  secara  berkelompok  lewat  MGMP  antarsekolah  atau antarwilayah  dikoordinasikan  dan disupervisi  oleh  pengawas  atau  Dinas  Pendidikan atau Kantor Kementerian Agama setempat.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan serangkaian prinsip penyusunan RPP yang mesti diperhatikan guru dalam menyusun RPP. 

1.  Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
RPP  disusun  dengan  memperhatikan  perbedaan  kesanggupan  awal,  tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, talenta, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya berguru, keperluan khusus, kecepatan berguru, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau  lingkungan  akseptor  asuh.  Sebagai  contoh  guru  memakai  secara bergantian penayangan video klip, poster, kegiatan fisik, dramatisasi atau bermain tugas sebagai teknik pembelajaran  sebab gaya mencar ilmu setiap siswa berlainan-beda.

2.  Berpusat pada akseptor asuh
Guru  yang  menerapkan  pembelajaran  yang  berpusat  pada  peserta  asuh  pertama-tama  memperlakukan  siswa  selaku   subyek  didik  atau  pembelajar. Dilihat  dari udut pandang akseptor asuh, guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau  birokrat.  Guru  bertindak  selaku   pembimbing,  pendamping,  fasilitator, sahabat, atau  abang/abang bagi  penerima  ajar  khususnya    dalam  meraih  tujuan pembelajaran  yakni  kompetensi  penerima  asuh.    Oleh  alasannya adalah  itu  guru  seyogyanya merancang  proses  pembelajaran  yang  mampu  mendorong,  memotivasi, menumbuhkan  minat  dan kreativitas  peserta  asuh. Hak  ini  dapat  berjalan  bila seorang guru mengenal secara eksklusif siapa (saja) siswanya, apa mimpi-mimpinya, apa kegelisahannya, passion-nya, dan sebagainya. 

3.  Berbasis konteks
Pembelajaran  berbasis  konteks  dapat  terwujud  apabila  guru  bisa mengidentifikasi dan mempergunakan aneka macam sumber mencar ilmu setempat (lokal), guru mengenal  situasi  dan  kondisi  sosial  ekonomi  penerima  bimbing,  mengenal  dan mengedepankan budaya  atau  nilai-nilai  kearifan  setempat, tanpa  kehilangan  pengetahuan global.  Sebagai  teladan  nilai  gotong  royong  di  Jawa  atau  pela  gandong  di  Maluku dapat  dijadikan    ilham  mengembangkan  proses dan  kegiatan  pembelajaran.  Pembelajaran juga  dapat dimulai  dari  apa  yang  sudah  dikenali  oleh  penerima  latih sesuai dengan konteksnya dan gres pada konteks yang lebih luas.

4.  Berorientasi kontemporer
Ini  ialah  pembelajaran  yang  berorientasi  pada  perkembangan ilmu  wawasan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan kurun sekarang.Guru  yang berorientasi kontemporer yakni guru yang “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan  sebaiknya well  informed,    senantiasa  meng-update dan  meng-up  grade ilmu  pengetahuan  yang menjadi  bidangnya,  tergolong  teori-teori  dan  praktik  baik  di  bidang pendidikan/pembelajaran.  Dengan  demikian  rancangan  pembelajaran  yang dikembangkan  guru  mampu  menjadi  ilham  bagi  siswa  dana  abagi  guru-uru  lainnya. 

5.  Mengembangkan kemandirian mencar ilmu
Guru yang menyebarkan kemandirian belajar (siswa) senantiasa akan berupaya supaya pada hasilnya siswa berani mengemukakan usulan atau inisiatif dengan penuh yakin diri. Di samping itu guru tersebut juga senantiasa mendorong keberanian siswa untuk memilih tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yang ingin diketahui, memanfaatkan banyak sekali sumber mencar ilmu, dan bisa menjalin kolaborasi, berkolaborasi dengan siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam planning kegiatan pembelajaran siswa.

6.  Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
RPP  menampung  desain  program  pertolongan  umpan  balik  faktual,  penguatan, pengayaan, dan remedi.

7.  Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/ atau antarmuatan
RPP  disusun  dengan  memperhatikan  keterkaitan  dan  keterpaduan  antara  KI,  KD, indikator  pencapaian  kompetensi,  tujuan  pembelajaran,  bahan  pembelajaran, aktivitas  pembelajaran,  penilaian,  dan  sumber  belajar  dalam  satu  keutuhan pengalaman  berguru.RPP disusun  dengan  mengakomodasi pembelajaran  tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

8.  Memanfaatkan teknologi berita dan komunikasi
Kegiatan  pembelajaran  dalam RPP  disusun  dengan  menimbang-nimbang  penerapan teknologi  berita  dan  komunikasi  secara  terintegrasi,  sistematis,  dan  efektif sesuai  dengan  suasana  dan  kondisi. Sebagai  acuan  dikala  guru  menugasi  siswa mengeksplorasi  sumber-sumber  pengetahuan  lewat  internet,  guru  mesti  bisa menawarkan  terhadap  siswa  alamat  situs-situs  web  atau  tautan  (link)  yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan bertanggungjawab.

Komponen  dan  sistematika  RPP  berikut  mengacu  pada Peraturan  Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah  dan  Permendikbud  Nomor  103  Tahun  2014  Tentang  Pembelajaran  Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

1.  Komponen RPP
a.  identitas sekolah adalah nama satuan pendidikan;
b.  identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c.  kelas/semester;
d.  materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan kebutuhan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan memikirkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus diraih;
f.  tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan memakai kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup perilaku, pengetahuan, dan keterampilan;
g.  kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. bahan pembelajaran, menampung fakta, rancangan, prinsip, dan mekanisme yang berkaitan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i.  tata cara pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk merealisasikan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya peserta bimbing meraih KD yang diubahsuaikan dengan karakteristik akseptor asuh dan KD yang hendak diraih;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran;
k.  sumber mencar ilmu, mampu berbentukbuku, media cetak dan elektronika, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang berhubungan ;
l. langkah-langkah pembelajaran dijalankan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan epilog; dan
m.  penilaian hasil pembelajaran.

Untuk menolong guru-guru SD yang sedang menyusun RPP Kelas 5 Sekolah Dasar MI KELAS Kurikulum 2013 edisi 2020 - 2021, Berikut ini admin sharekan link download RPP Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 Sekolah Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Semoga berguna dan dapat memberi akomodasi bagi guru, khususnya sebagai bahan rujukan ketika membuat RPP untuk dipraktekkan di sekolah masing-masing.

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2020/201
RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2020/201  TEMA 1 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2020/2021  TEMA 2 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3


RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2020/2021  TEMA 3 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2020/2021  TEMA 4 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3


RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2020/2021 TEMA 5 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3

Unduh RPP Subtema 4

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2020/2021 TEMA 6 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3

Unduh RPP Subtema 4

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2020/2021 TEMA 7 :
Unduh RPP Subtema 1
RPP Ke  1
RPP Ke  2
RPP Ke  3
RPP Ke  4
RPP Ke  5
RPP Ke  6

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2020/2021 TEMA 8 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2020/2021 TEMA 9 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3


Demikian isu tentang RPP Kelas 5 SD MI Kurikulum 2013 edisi 2020 - 2021. Semoga berfaedah dan dapat memberi kemudahan bagi guru, khususnya selaku bahan tumpuan dikala membuat RPP untuk diterapkan di sekolah masing-masing.

=======================================







Sumber https://forumgurunusantara.blogspot.com


EmoticonEmoticon